PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF

Authors

  • Nuke Farida Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Endah Purwitasari AKMRTV Jakarta
  • Imam Taufik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.233

Keywords:

Kredibilitas Influencer, Minat Beli, Ridwan Hanif, Subscribers, Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada Youtube channel otomotif Ridwan Hanif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori SOR (Stimulus-Organism-Response). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner pada 385 sampel penelitian, sampel didapatkan dari perhitungan rumus Rao Purba dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada minimal 30 sampel. Hasil penelitian yang didapatkan dari perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 25 adalah variabel kredibilitas influencer memberikan pengaruh sebesar 14,9% pada variabel minat beli subscriber channel Youtube otomotif Ridwan Hanif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut berpengaruh signifikan dengan kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmajasari, M. (1997). Study Periklanan dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. UMM Press.

Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.

Hendra, M. D. (2018). Pengaruh Kreativitas Iklan Melalui Penggunaan Endorser Pocari Sweat untuk Aplikasi Smartphone terhadap Minat Beli Komunitas. Cmmuniverse, 3(2).

Ishak, A. (2008). Pengaruh Penggunaan Selebriti dalam Iklan terhadap Minat Beli Konsumen.

Jurnal Siasat Bisnis, 12(2), 71–88.

Khatri, P. (2006). Celebrity Endorsement: A Strategic Promotion Perpective. Indian Media Studies Journal.

Kosasih, E. J., Setianti, Y., & Wahyudin, U. (2017). Pengaruh Kredibilitas Petugas terhadap Sikap Kepatuhan Pasien Tuberkulosis pada Pemeriksaan Dahak. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 1–10.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Jilid 1 da). PT. Prenhallindo.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (B. Sabran (ed.); Edisi 13 J).

Erlangga.

Muthohar, M., Triatmaja, & Ramadhan, A. (2013). Pengaruh Endorser Ulama terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 19(1), 86 – 99.

Nurudin. (2008). Hubungan Media Konsep dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Peter, P., Olson, C., & Grunert, G. (1999). Consumer Behaviour and Marketing Strategy.

McGraw Hill.

Rakhmat, D. (1997). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Rakhmat, D. (2008). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

01-04-2022

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF. (2022). BroadComm, 4(1), 36-44. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.233

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.